9 Manfaat Brokoli Bagi kesehatan Tubuh wajib diketahui

 

Apakah kalian tahu bahwa sayur brokoli sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Brokoli mungkin menjadi salah satu makanan pilihan terbaik yang terlintas di benak Anda saat memikirkan tentang makan sehat. Tetapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa betapa bermanfaatnya sayuran brocoli bagi kesehatan Anda, bisa juga dengan cara yang dapat Anda masukkan ke dalam makanan, camilan bahkan minuman. 

Baca11 Makanan ini bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berikut ini manfaat Brokoli bagi kesehatan anda

1. Brokoli memiliki banyak nutrisi

Satu cangkir brokoli mentah hanya mengandung sekitar 25 kalori, kurang dari 5 gram karbohidrat, tanpa lemak dan beberapa gram protein nabati. Meskipun begitu brokoli sangat kaya akan nutrisi. Satu cangkir brokoli yang dimasak menyediakan hampir 250% dari target harian vitamin K, yang membantu pembekuan darah dan dibutuhkan untuk kesehatan tulang anda.

2. Brokoli tinggi serat

2-3 gram serat per cangkir brokoli mentah mendukung kesehatan pencernaan yang baik dan memberi makan bakteri menguntungkan di usus yang terkait dengan anti-peradangan, kekebalan, dan suasana hati.

3. Membantu mencegah kanker

Brokoli merupakan salah satu anggota dari keluarga sayuran silangan, yang juga termasuk kembang kol, kangkung dan kubis. Kelompok sayuran ini mengandung senyawa alami yang terkait dengan pencegahan kanker — berkat kemampuannya untuk menetralkan karsinogen dan mencegah sel kanker tumbuh dan menyebar.

4. Brokoli melindungi jantung

Penyakit jantung tetap menjadi penyebab utama kematian pada pria dan wanita di dunia. Sayuran kucifer, termasuk brokoli, melindungi jantung dengan mengurangi kerusakan arteri yang menyebabkan pengerasan, yang menjadi pendahulu serangan jantung atau juga stroke.

5. kesehatan otak

Beberapa nutrisi dan zat bioaktif alami dalam brokoli telah dikaitkan dengan fungsi otak dan jaringan saraf yang sehat, ditambah perlindungan terhadap penurunan kognitif terkait usia.

6. Brokoli menjaga kekuatan tulang

Brokoli mengandung beberapa nutrisi penting untuk pembentukan tulang dan pencegahan kehilangan kepadatan tulang. Ini termasuk vitamin K, kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium, selain tembaga, zat besi, seng, vitamin A dan C, dan vitamin B. Nutrisi ini bekerja secara sinergi untuk meningkatkan massa tulang.

7. Melawan peradangan

Selain membantu menangkis penuaan dini, kekuatan anti-inflamasi brokoli dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis. Senyawa pelawan peradangan, yang melindungi sel dari kerusakan DNA.

8. Sebagai Detoks alami

Senyawa alami dalam brokoli juga bertindak seperti detoksifikasi, yang berarti membantu menonaktifkan bahan kimia yang berpotensi merusak atau mengeluarkannya dari tubuh lebih cepat.

9. Brokoli mempunyai perlindungan antioksidan

Senyawa antioksidan pelindung dalam brokoli telah terbukti melawan kerusakan kulit akibat radiasi UV. Lutein dan zeaxanthin sayuran melindungi retina dan lensa mata, dan keduanya telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Itulah 9 Manfaat Brokoli Bagi kesehatan tubuh anda, bisa menjadi pilihan terbaik buat mengobati beberapa penyakit yang bisa menyerang anda. (Hidup Sehat Alami)

Sumber: health.com/food

Rizqy Shewhite Bila hidupmu susah, Tengoklah sudah benarkah Sholat Jama'ahmu??

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel